Iklan



Adobe Illustrator merupakan aplikasi yang tengah naik daun dalam urusan pembuatan ilustrasi. Sekedar informasi, Adobe Illustrator ini bisa untuk berbagai macam keperluan desain. Untuk percetakan, pembuatan font, design character dengan gaya flat design, desain interface game, UI/UX, logo, tracing dan vektor wajah. 

Untuk dapat menciptakan karya yang terbaik di Adobe Illustrator, menurut admin hal yang harus dikuasai adalah penggunaan pen tool. Kenapa? Karena pen tool ini dapat menjadi alat yang membuat bentuk selain yang tersedia dengan shape.
Kali ini admin akan membagikan cara menggunakan pen tool untuk pemula yang pasti sangat kebingungan menggunakan tool ini.

1. Klik tool seperti dibawah dan pilih pen tool.

 

2. Cara menggunakan pen tool adalah dengan menekan touchpad/mouse bagian kiri untuk titik awal. Kemudian arahkan kursor ke arah yang kamu mau jadikan bentuk.


Untuk membuat garis lurus atau persegi, cukup mengklik saja dan jangan lupa untuk menutup kembali point-pointnya ke titik awal (ada tanda bulat kecil di ikon pen tool nya).

Sedikit tips agar garis kamu dapat lurus sejajar, arahkan kursor sambil menekan tombol SHIFT.



3. Untuk membuat bentuk melengkung, klik titik awal dan kemudian klik + tahan untuk membuat lengkungan sesuai yang kamu mau.
4. Untuk mengubah bentuk lengkungan klik point seperti gambar dibawah sambil menekan ALT.

Nah... Nantinya kamu akan bisa bebas membuat lengkungan entah untuk tracing atau membuat simbol dan lain-lain.


5. Mengubah dan menggerakkan bentuk dari pen tool yang telah dibuat dapat mengklik Direct Selection Tool kemudian menekan point/titik yang ingin diubah.



Sekian tutorial pada postingan kali ini semoga penjelasan admin dapat mudah dicerna dan bermanfaat bagi pembaca.


Baca Juga: Cara Menyimpan File Adobe Illustrator Atau Corel Draw ke Format JPG atau PNG

Jangan lupa untuk membaca tutorial lainnya di blog ini untuk menambah ilmu kamu di dunia Desain Grafis yaa.

Post a Comment

Silahkan Berkomentar Di Bawah Ini

Lebih baru Lebih lama

Advertisement

Advertisement