Iklan

Melihat Desain Megah Perpustakaan Tianjin Binhai Di China


Melihat Desain Megah Perpustakaan Tianjin Binhai Di China - Halo sahabat Blografise ! Karena sekarang saya lagi kagum banget sama salah satu perpustakan di China, saya ingin berbagi sedikit gambaran tentang kerennya desain dari perpustakaan ini. Yaa... Saya tahu kalau perpustakaan ini sudah ada beberapa tahun yang lalu namun saya ingin memposting betapa kagumnya saya dengan desain perpustakaan yang satu ini. Saya rasa... Bahkan orang yang tidak menyukai perpustakaan da tidak suka membaca buku bakalan betah berlama-lama di tempat ini hehe.

Oke kita akan berkenalan dulu dengan perpustakaan Tianjin Binhai sebelum melihat kerennya desain dari perpustakaan ini. Perpustakaan ini dikenal dengan desainnya yang sangat mewah dan juga futuristik. Perpustakaan ini merupakan pusat kebudayaan dan juga pendidikan di Tiongkok. Julukan dari perpustakaan ini adalah The Eye karena jika dilihat dari luar gedung maka perpustakaan ini tampak seperti sebuah mata. 

Baca Juga: Desainer di Denda 12 Juta Karena Lisensi Font Untuk Desain

Kalau menurut saya pribadi julukan dan desain The Eye cocok dengan perpustakaan yang terdiri dari buku-buku. Kenapa? Karena seperti yang kita tahu, buku adalah jendela dunia. Tanpa rajin membaca buku kita akan buta tentang pengetahuan dan yapp perpustakaan dapat membantu kita sebagai mata atau sarana untuk melihat dunia. 


by: mvrdv

Perpustakaan Tianjin Binhai ini memiliki 5 lantai dan 1 lantai untuk ruang bawah tanah dengan luas 33.000 meter persegi serta memiliki kapasitas buku yang sangat besar yaitu 1,2 juta buku. Perpustakaan Tianjin Binhai resmi dibuka pada tanggal 1 Oktober 2017 dan saat itu langsung viral di media sosial China yaitu Weibo.


Gambar dibawah ini merupakan gambar yang paling membuat saya terkagum-kagum. Ngga kebayang gimana kreatifnya si desainer dan juga kerja kerasnya para arsitek untuk merealisasikan ide dari si desainer. 

Baca Juga: Mengenal Pentingnya Negative Space Dalam Desain Grafis

Seluruh dinding merupakan rak buku! Ya..! Bahkan desain interior dari perpustakaan ini di desain sedemikian kreatifnya dan sekaligus menjadi rak untuk buku-buku yang ada di perpustakaan ini. Rasanya... Selain jendela, maka yang kamu lihat di dalam gedung ini adalah buku yang berjajar sedemikian rapi dan selaras dengan desain bangunannya.



Saya rasa ide dari perpustakaan Tianjin Binhai ini sangatlah luar biasa karena fungsi, estetika dan gaya futuristik dari desain ini bisa menyatu dengan sempurna.



Benar-benar surga bagi para pecinta buku yang sangat menakjubkan. Jika kita berkunjung ke perpustakaan ini pastinya akan merasa sangat nyaman untuk membaca buku dan juga melihat setiap sisi yang desainnya sangat modern dan elegan. Anggapan bahwa perpustakaan adalah tempat yang tua dan tidak keren dapat dipatahkan dengan perpustakaan Tianjin Binhai ini.




Selain berfungsi sebagai pusat pendidikan dan kebudayaan, perpustakaan ini juga bertujuan sebagai ruang sosial sekaligus penghubung dengan taman yang berada di dekat perpustakaan ini ke kawasan budaya yang berada di Tianjin.


Apa kamu bisa membayangkan betapa hebatnya sang desainer yang bisa memiliki ide untuk membuat desain interior yang bentuknya terdiri dari lengkungan ini? Mungkin saja jika orang-orang tidak memberitahu kepadamu bahwa foto ini adalah ruangan dari perpustakaan, maka kamu hanya menganggap bahwa desain keren ini hanyalah desain dari sebuah gedung biasa. Dan kamu juga tidak akan menyangka bawa setiap dindingnya di isi oleh buku-buku bukan?

Baca Juga: Tips dan Trik Menjadi Komikus Bagi Pemula


Sebagai orang yang awam tentang dunia arsitektur, saya sangat yakin bahwa membangun perpustakaan ini pasti sangat sulit karena ada banyak lengkungan dan juga harus ada ruang yang harus disediakan untuk buku-buku yang sangat banyak ini.



Bagaimana pendapat kamu nih sahabat blografise? Apa ada perpustakaan lain yang bisa kamu saingkan kemewahan dan futuristiknya dengan perpustakaan Tianjin Binhai ini? Kalau ada sharing sama saya di komentar yaa.

Post a Comment

Silahkan Berkomentar Di Bawah Ini

Lebih baru Lebih lama

Advertisement

Advertisement