Iklan

Situs Belajar Online Gratis Untuk Desain dan Digital Art

Belajar online gratis saat ini sangat banyak dilakukan oleh berbagai kalangan. Aplikasi belajar online gratis pun semakin banyak diunduh oleh orang-orang. Belajar online gratis pun semakin di incar dan diburu agar bisa meningkatkan skill dan pengetahuan ditengah kondisi social distancing ini.


Selain aplikasi belajar online, ternyata banyak juga situs belajar online gratis yang bisa kita manfaatkan untuk belajar online tentang desain dan juga digital art lho! Walaupun situs yang saya rekomendasikan ini adalah situs belajar online gratis dari website luar negeri, tapi saya yang belum mahir berbahasa Inggris pun bisa memahami materinya dan saya yakin teman-teman juga pasti bisa. Ada banyak situs belajar yang sudah saya rangkum dan bisa kalian kunjungi yang pastinya tidak akan mengecewakan kalian! 


Oh iya, kalau kalian tidak bisa memutar video dari Alison dan beberapa situs lainnya karena mereka menggunakan vimeo player, maka triknya kalian harus menggunakan VPN di hp android atau browser kalian yaa!


Kalau kalian bingung link kursusnya dimana, cukup klik saja  judul dari kursus yang kalian inginkan dari 10 daftar yang saya rekomendasikan dibawah ini yaa..!


10 Rekomendasi Situs Belajar Online Gratis Untuk Desain Grafis dan Digital Art


1. Alison



belajar online gratis desain grafis di alison course


Situs belajar online pertama yang akan saya bagikan kepada kalian adalah situ Alison Course. Situs ini sebenarnya mempunyai banyak sekali kursus yang bermanfaat dan salah satunya adalah desain grafis dan digital art. Banyak teori  dan pengetahuan fundamental/dasar yang bisa kalian gali di situs kursus gratis ini. 

Sistem belajar online di Alison ini adalah kita bisa mengikuti seluruh kelas dengan gratis selama kita melakukan login ke akun Alison. Perbedaannya dengan situs belajar online lainnya hanya dibagian sertifikatnya saja. Kalian bisa bebas belajar apa saja tanpa dipungut biaya, namun jika kalian ingin mendapatkan sertifikat baik digital maupun bentuk fisiknya kalian harus mengeluarkan biaya yang cukup mahal. Jadi saya biasanya hanya belajar dan mengikuti kursusnya saja tanpa sertifikat.

2. Skillshare

aplikasi belajar online digital art dan desain gratis skillshare

Skillshare adalah situs belajar online gratis yang saya rekomendasikan karena saya mendapatkan banyak sekali ilmu baru dari situs ini. Skillshare ini menyediakan banyak kursus untuk belajar online yang pastinya meningkatkan skill kita seperti kursus tentang animasi, desain grafis, ilustrasi, fotografi, videografi, bisnis, menulis dan masih banyak lagi. 

Saya sendiri banyak belajar ilmu tentang digital art, flat design, fashion designer, dan masih banyak lagi dari kursus belajar online gratis yang satu ini.

3. Coursera

situs aplikasi belajar online desain gratis

Kursus gratis yang diberikan Coursera ini juga sangat bermanfaat untuk pengetahuan atau fondasi dasar kita dalam dunia desain dan digital art lho! Nah di Coursera ini yang mengajar kalian bisa dipastikan adalah seorang expert yang ahli dibidangnya jadi kalian tidak perlu khawatir. 

Coursera bekerja sama dengan banyak universitas ternama diluar negeri dan dari pengalaman saya mengikuti Coursera, yang mengajar adalah dosen dari universitasnya langsung. Saya sendiri sangat senang belajar banyak teori dasar di Coursera ini dan untuk bidang seni baik desain maupun digital art juga sangat mudah dipahami oleh saya. Yaaa... Walaupun saya ngga mahir-mahir amat bahasa inggris namun saya bisa dengan mudah memahami maksud dari narasumbernya. 

4. Envato Tuts

envato tuts free course ilustrasi dan desain

Envato Tuts adalah situs belajar gratis yang bisa kita ikuti secara gratis dari situs ternama Envato yang menjadi tempat penjualan hal-hal yang berbau desain dan digital art. Karena Envato ada menjual template web, icon, dan produk digital art lainnya, jadi mereka membuat situs khusus yang bisa membantu kita mengembangkan skill coding, web design dan masih banyak lagi.

Kamu tidak akan kecewa deh dengan kursus belajar desain dan digital art gratis dari situs Envato Tuts ini. Percaya deh, sebenarnya banyak banget orang baik hati diluar negeri yang mau berbagi ilmu tentang desain dan digital art mereka secara gratis selama kita mau untuk mencari tahu.

5. Canva Design School

Canva design school belajar online desain gratis

Canva Design School juga merupakan situs yang bisa kamu gunakan untuk belajar desain grafis secara gratis. Ada banyak tutorial baik berbentuk artikel dan video yang bisa kita pilih di Canva Design School ini. 

Pada situs belajar online ini ada 2 tutorial yang bisa kamu ikuti yaitu tutorial yang berkaitan dengan desain grafis dan juga tutorial men-desain sesuatu di aplikasi Canva nya. Saya belajar banyak hal dari situs ini seperti panduan untuk memadukan warna, palet warna, trend desain populer, dan masih banyak lagi.

6. Udemy

Udemy free course digital art and painting

Udemy juga pernah menjadi salah satu situs belajar yang saya kunjungi untuk belajar desain dan digital art secara gratis. Dahulu saya belajar membuat karakter komik dengan style manga dari situs Udemy ini dan saya sungguh bersyukur telah menemukan situs ini. Kalau kalian klik link di atas, kalian akan langsung mendapatkan kelas kursus belajar online gratis lho!

Menariknya lagi, kursus belajar desain dan digital painting gratis di situs Udemy ini yaitu adanya kode promo voucher gratis di hari tertentu untuk beberapa kursus yang awalnya adalah kursus berbayar.

7. CTRL+PAINT

ctrl+paint video belajar desain dan digital art gratis

Kamu bisa belajar apa saja di situs CTRL+Paint ini! Mereka menyediakan video tutorial banyak hal mulai dari digital art, tradisional art, cara membuat menjadikan dan meniru sebuah objek referensi dan masih banyak lagi.

Situs belajar online gratis ini benar-benar menyediakan tutorial dasar dan basic untuk pemula yang ingin meningkatkan skill mereka. Shade, anatomy, perspektif, user interface, digital art dan masih banyak lagi. Saya sungguh merekomendasikan situs ini untuk teman-teman yang pantang menyerah belajar desain dan digital art.

8. EDX

Edx art course free online without certificate

Kursus online gratis di EDX ini kurang lebih sama dengan Coursera dan Alison. Namun karena kepribadian saya yang semakin terbakar jiwa belajarnya saat melihat artist profesional yang menunjukkan karya mereka yang sangat menginspirasi, saya juga menyukai kelas dari situs EDX ini.

Jika mengikuti kursus semacam EDX ini, saya merasa seperti traveling di dunia seni yang saya belum pernah kesana sebelumnya. Apakah kalian tidak ingin merasakan sensasi ini juga?


9. Pinterest

Pinterest belajar digital art gratis

Situs selanjutnya yang saya rekomendasikan untuk kalian yang ingin belajar desain grafis maupun digital art adalah Pinterest. Walaupun situs ini bukanlah situs yang diperuntukkan untuk kursus online gratis, namun di situs ini sangat banyak tutorial beragam hal yang kalian butuhkan. Bahkan akhir-akhir ini sudah sangat banyak kreator Pinterest yang membagikan video tutorial yang sangat bermanfaat untuk kita yang ingin belajar.

10. Youtube


Situs belajar online gratis yang bisa kalian ikuti yang terakhir adalah situs Youtube. Yaaa... Siapa sih yang ngga tahu Youtube? Nah.. Youtube juga bisa kita jadikan media untuk belajar desain grafis dan digital art secara gratis lho! Bahkan nilai plusnya kita bisa mendapatkan beragam tutorial dari kreator asal Indonesia. Jadi kalian tidak perlu bersusah payah untuk menerjemahkan videonya lagi ya kan?

Saya sendiri juga membuat video tutorial desin dan digital art di Youtube Channel Blografise lho.. (Promosi dikit boleh yaa, hehe). Yahhh Intinya di Youtube itu udah bertebaran banyak kreator digital art dan desain grafis yang berbaik hati membagikan ilmunya secara gratis kepada kalian. Kalau masalah iklan adsense mah itung-itung kita apresiasi mereka yang sudah mengedit video dengan baik dan  kita terbantu oleh konten mereka.


Kalian masih scroll sampai paragraf ini? Wahhh... Kalian sangat hebat! Tapi sayangnya, daftar 10 rekomendasi situs belajar online gratis dari saya sudah selesai nih. Dan itu sajalah hal yang bisa saya sharing untuk kalian pembaca setia blografise ini.

Post a Comment

Silahkan Berkomentar Di Bawah Ini

Lebih baru Lebih lama

Advertisement

Advertisement