Iklan

hal yang dibenci desainer


Jangan Pernah Ucapkan Hal Haram Ini Pada Desainer - Halo Sahabat Blografise...!!! Seperti biasa, saya akan membagikan hal menarik di artikel saya yang akan sangat bemanfaat untuk kalian semua.

Nah, pada artikel ini saya akan memberitahukan hal-hal yang pantang atau haram untuk kamu ucapkan kepada orang-orang yang kamu kenal berprofesi sebagai desainer. Hal ini akan sangat berguna agar kamu tidak salah bicara, menyinggung ataupun membuat hati desainer menjadi sedih dengan kalimat yang kamu lontarkan kepada mereka.

Disini saya akan berbagi hal-hal yang sangat dibenci dan menjengkelkan bagi desainer yang semoga tidak pernah kamu ucapkan sebelumnya dan tidak akan kamu ucapkan di kemudian hari.

Jadi Kalimat Apa Saja Yang Jangan Pernah Ucapkan Hal Haram Ini Pada Desainer?


1. Harga Teman Ya...!


"Kurangin ya harganya... Kan harga teman"

"Harga teman aja ya, jangan mahal-mahal"

"Kan kita teman nih, boleh gratis ya kan?"

Sungguh...! Ini adalah hal yang paling kejam yang kamu lontarkan kepada teman kamu yang berprofesi sebagai desainer apapun bidangnya. Hal ini sangat dibenci oleh setiap desainer. Kenapa? Karena biasanya desainer yang merupakan teman kamu itu umumnya sudah mengurangi harga karena kamu temannya tanpa perlu kamu minta! 

Dan karena kamu adalah teman mereka, pastinya kamu akan mendapatkan hasil yang sangat optimal dikerjakan sepenuh hati mereka agar kamu tidak kecewa dan juga untuk menghargai hubungan persahabatan kalian. Dan yang paling parah lagi adalah yang meminta karya desain gratis!

Seharusnya, karena kamu adalah teman mereka, kamu justru mendukung dan mengapresiasi mereka dengan memberikan harga sedikit diatas dari standar yang biasa ia berikan kepada orang lain.


Dari pengalaman saya sendiri bahkan sangat banyak yang meminta desain atau ilustrasi dengan free. Iya...! Gratis...! Dan bahkan saat sudah gratis pun saya berulang kali melakukan revisi terhadap proyek gratis itu. Dan tidak jarang pula permintaan revisi itu malah membuat desain yang awalnya sudah sangat bagus baik dari konsep maupun fungsinya menjadi berantakan. Dan cukup menyakitkan mata karena tidak sinkronnya huruf, warna dan tata letak dari permintaan teman kita tersebut.

Kalau kamu memang menghargai teman kamu, janganlah minta harga teman dengan harga yang sangat tidak wajar. Mereka membuat itu ditengah waktu sibuknya, kelelahan dan juga sampai mengurangi jam tidur. Kalau kamu ada rezeki lebih, kasihlah harga sepantasnya dan kalau memang sangat butuh namun kekurangan budget, minimal promosikanlah karya mereka ke sosmed kamu atau teman-teman yang lainnya. 

Saya sendiri yakin, kalau kamu benar-benar teman yang baik, desainer yang merupakan teman kamu pasti akan sukarela memberikan desain gratis. Tapi ingat! Jangan memintanya karena perkataan kamu bisa meruntuhkan niat baik dan mood temanmu. 

2. Udah? Desainnya Gini Doang? 


"Gini aja mah, aku juga bisa buat...!"

"Ih... Kok desainnya simpel banget ya, kayak ngga niat gitu"

"Nggak sesuai harga! Kok desainnya banyak ruang kosongnya gini?"

Ketahuilah sahabat Blografise yang budiman... Desainer pasti melakukan riset atas desain apa yang sesuai untuk kamu dan bisa digunakan dalam jangka panjang. Seperti tren saat ini, kebanyakan desain itu bentuk dan warnanya sederhana namun bisa digunakan di mana saja dan desainer cenderung membuat desain yang mudah di ingat oleh orang-orang pada umumnya.

Selain merupakan hal yang dibenci oleh desainer, bisa-bisa kemungkinan terburuknya adalah si desainer nantinya punya rasa benci kepadamu dan nge blacklist kamu sebagai klien mereka di kemudian hari.


Baca Juga: Alasan Font Comic Sans Banyak Dibenci Oleh Para Desainer

Paduan warna yang hanya memiliki 2 warna atau hanya 1 warna dan mengandalkan negative space bahkan sangat populer saat ini. Coba deh cek perusahaan ternama yang saat ini berlomba-lomba mengganti desain mereka  seperti brand/log menjadi sederhana dan tidak seribet desain yang sebelumnya.

Setidaknya kalau kamu memang tidak suka, maka hindari kalimat-kalimat yang seakan meremehkan dan menganggap desainer tidak bekerja dengan optimal. 

3. Duh Belum Tahu Juga Maunya Gimana, Buat Gimana Bagusnya Aja!


Ini adalah hal yang paling menjengkelkan yang pernah saya hadapi...! Serius...! Biasanya orang-orang yang mengatakan ini TIDAK AKAN menerima hasil karya kamu dan akan merombaknya habis-habisan! 

Klien yang tidak mempunyai referensi dan tidak tahu ingin hasil yang seperti apa adalah neraka siksaan bagi desainer. Dan percayalah, sangat kecil sekali kemungkinan orang-orang dengan tipe ini akan benar-benar menerima karya desain yang sudah kamu desain sebagus mungkin. Revisi... Revisi... Dan revisi akan terus menghantuimu hingga proyek benar-benar selesai menurut selera mereka.

Kalimat kamu yang se simpel ini juga merupakan hal yang sangat dibenci oleh desainer. Daripada mengatakan kalimat ini, lebih baik kamu cari contoh dulu deh di google atau pinterest yang kamu jadikan patokan bagi kamu dan si desainernya.

4. Bisa Selesai Hari Ini Kan? Butuhnya Besok Nih


DEADLINE YANG TIDAK MASUK AKAL! Ini adalah hal yang haram kamu ucapkan karena akan sangat menjengkelkan bagi desainer. 

Ingatlah wahai sahabat Blografise! Desainer itu bukan pesulap yang bisa menghadirkan desain dalam sekejap. Desainer perlu mencari inspirasi, melakukan penelitian, memikirkan ide yang sesuai dengan kebutuhan kamu dan barulah membuat desain sedemikian bagusnya dengan proses yang panjang hingga akhirnya desain tersebut sampai ke kamu.


Mungkin jika kamu merasa sepele karena melihat sebuah desain itu hanya menggunakan komputer atau laptop dan ngetik atau main mouse dikit langsung jadi bukan? Jika kamu berpikir seperti itu, segera buang mindset kamu dan mulailah berpikir bahwa membuat desain itu membutuhkan hal yang sangat kompleks dan tidak bisa jadi saat itu juga.


Itulah sedikit saran dan pengalaman saya terkait jangan pernah ucapkan hal haram ini pada desainer. Mungkin kesannya ngegas atau marah-marah karena banyak huruf yang di Capslock dan juga tanda seru. Tapi itu hanya penyampaian saya yang semoga menunjukkan betapa kesalnya desainer saat kamu menyebutkan kalimat-kalimat diatas.

Semoga kamu menjadi klien dan teman yang baik untuk para desainer serta saling meghargai yaa...! Semoga bermanfaat.


Post a Comment

Silahkan Berkomentar Di Bawah Ini

Lebih baru Lebih lama

Advertisement

Advertisement