Iklan

Mengubah Hue, Saturation, Luminosity, Brightness dan Contrast di CSP/Manga Studio


Hue, Saturation, Luminosity, Brightness dan Contrast, mungkin bisa kita temukan dengan mudah di software menggambar digital art seperti Paint Tool Sai dan bahkan Adobe Photoshop. Biasanya kelima fitur untuk efek ini ada dibagian menu filter atau adjustment di software tersebut.

Lalu bagaimana dengan Clip Studio Paint atau Manga Studio? Apa kalian merasa kesusahan dan kebingungan untuk menemukan fitur Hue, Saturation, Luminosity, Brightness dan Contrast  ini di csp/manga studio? Tenang saja! Saya akan membagikan informasi dan tutorial lengkapnya dengan jelas pada artikel ini yang pastinya akan sangat bermanfaat serta berguna untuk digital artist pemula.

Mengubah Hue, Saturation, Luminosity, Brightness dan Contrast di Clip Studio Paint dan Manga Studio memang tidak bisa kita temukan di menu filter atau efek seperti aplikasi / software menggambar lainnya. Namun tenang saja, Clip Studio Paint dan Manga Studio mempunyai fitur tersebut kok di aplikasinya. Karena kan software ini sudah masuk ke kategori salah satu software menggambar digital terbaik untuk ilustrator atau komikus profesional, khususnya dari negara Jepang itu sendiri.


Memang rasanya, kalau sudah terbiasa bermain efek, rasanya kurang lengkap jika belum menggunakan Hue, Saturation, Luminosity, Brightness dan Contrast ini di gambar kita. Apalagi untuk kreator bergenre fantasy yang akan sangat mengandalkan efek untuk karya yang lebih epic da mempesona. Sebenarnya saya juga cukup mengotak-atik software ini hingga akhirnya menemukan cara mengubah Hue, Saturation, Luminosity, Brightness dan Contrast di Clip Studio Paint (CSP) / Manga Studio.

Baiklah, tidak perlu berlama-lama basa-basi pada pembukaan dan juga perkenalan fitur ini. Kita langsung saja ke tutorial dari cara mengubah Hue, Saturation, Luminosity, Brightness dan Contrast di CSP/Manga Studio.

Cara Mengubah Hue, Saturation, Luminosity, Brightness dan Contrast di CSP/Manga Studio

1. Siapkan objek atau gambar yang ingin diubah Hue, Saturation, Luminosity, Brightness dan Contrastnya

Sebagai contoh, saya menggunakan gambar dibawah ini yang nantinya akan saya ubah. Pastikan objek dan layer yang ingin kamu ubah, berada pada satu layer dan jangan terpisah yaa! Supaya kamu mudah memahami dan hasilnya lebih optimal lagi.

Mengubah Hue, Saturation, Luminosity, Brightness dan Contrast di CSP/Manga Studio

2. Klik Sekali atau Pilih Layer yang hendak diubah  Hue, Saturation, Luminosity, Brightness dan Contrastnya

Pilih satu layer yang akan kamu ubah hingga layernya tampak seperti gambar dibawah ini ya teman-teman ! Pokoknya sampai layer seperti terseleksi dan berwarna biru seperti ini.


3. Klik Kanan Pada Layer Yang Sudah Diseleksi

Saat kamu mengklik kanan layer yang sudah kamu pilih pada cara kedua, maka kamu sudah bisa lanjut ke langkah selanjutnya. Jika langkahmu benar, maka akan keluar tampilah box pilihan beragam setting dan disini kita pilih New Correction Layer.


4. Pilih Hue, Saturation, Luminosity, Brightness dan Contrast di CSP/Manga Studio Sesuai Kebutuhan Kamu

Setelah kita menekan New Correction Layer, maka akan muncul tampilan box baru yang terdiri dari banyak pilihan dan diantaranya ada pengaturan untuk mengubah Hue, Saturation, Luminosity, Brightness dan Contrast di Clip Studio Paint.


5. Mengatur dan Mengubah Hue, Saturation, Luminosity, Brightness dan Contrast

Disini saya memberikan dua contoh gambar dan cara mengubahnya yaitu dengan cara:

a. Hue, Saturation dan Luminosity, 

Jika kalian memilih Hue, Saturation dan Luminosity, maka akan muncul tampilan box seperti gambar dibawah ini. Yang perlu kalian lakukan hanyalah menggeser kursor pada parameter dari Hue, Saturation dan Luminosity ke arah kiri dan kanan hingga menemukan warna yang cocok dengan selera teman-teman semuanya. Kalian bisa melihat kalau setting angka nya tidak pada angka nol dan warna gambar saya berubah total dari gambar original pada langkah pertama sebelumnya.


b. Brightness dan Contrast 

Jika kalian memilih Brightness dan Contrast dan ingin mengubah settingnya, maka akan muncul gambar tampilan box seperti dibawah ini. Langkah mengubah Brightness dan Contrast juga sama persis kok dengan point a yang sudah saya jelaskan di atas


6. SELESAI 

Yapp!!! Kamu sudah berhasil mengubah Hue, Saturation, Luminosity, Brightness dan Contrast di CSP/Manga Studio. Dan inilah hasil gambar saya setelah saya ubah Hue, Saturation, Luminosity, Brightness dan Contrastnya. Hasilnya sangat berbeda dari hasil sebelumnya bukan?

Fitur yang memberikan efek dengan metode mengubah filter atau adjustment di Clip Studio Paint / Manga Studio pun sudah bisa kamu gunakan dengan nyaman cukup dengan satu software ini saja.

Mengubah Hue, Saturation, Luminosity, Brightness dan Contrast di CSP/Manga Studio



Mengubah Hue, Saturation, Luminosity, Brightness dan Contrast bagi sebagian artist baik ilustrator maupun komikus adalah hal yang sangat berguna untuk mempercantik karya digital. Dan untuk teman-teman pemula yang kebingungan tentang cara di mengubah Hue, Saturation, Luminosity, Brightness dan Contrast di CSP/Manga Studio, sekarang sudah tidak kebingungan lagi bukan?

Itulah tutorial untuk pemula dari saya tentang cara mengubah Hue, Saturation, Luminosity, Brightness dan Contrast di CSP/Manga Studio yang jarang diketahui dan sulit ditemukan, hehe. Semoga tutorial Clip Studio Paint atau Manga Studio kali ini bisa bermanfaat untuk teman-teman kreator digital art semuanya yaa.

Blografise punya banyak tutorial bermanfaat terkait digital art, desain grafis dan bahkan ada video tutorialnya di Youtube lho! Jangan sungkan untuk mengunjungi artikel lain pada blog ini dan mengunjungi serta men subscribe Youtube Channel Blografise yaa! Karena banyak banget tutorial clip studio paint dan manga studio yang bermanfaat untuk digital artist pemula.

Sampai jumpa lagi pada tutorial clip studio paint (csp) maupun manga studio yang lainnya ya teman-teman! Terus berlatih dan tetap semangat untuk mengasah skill kamu yaa!



Post a Comment

Silahkan Berkomentar Di Bawah Ini

Lebih baru Lebih lama

Advertisement

Advertisement