Iklan

Jenis-Jenis Cat Lukis Yang Wajib Diketahui Pemula
Beragam jenis cat untuk pemula


Jenis-jenis cat lukis yang wajib diketahui pemula ternyata ada banyak lho teman-teman! Dan jenis cat ini juga mempunyai ciri khas serta kegunaan masing-masing berdasarkan media lukis yang akan kita gunakan.

Lalu kenapa sih kita harus mengenal jenis-jenis cat lukis ini? Hal ini bisa memudahkan teman-teman untuk mencari jenis cat seperti apa yang cocok dan sesuai dengan style teman-teman maupun saat mengikuti video tutorial di Youtube. Misalnya, teman-teman sedang menonton tutorial melukis dengan cat akrilik sementara cat lukis yang teman-teman miliki adalah jenis cat air (Watercolor) pastinya hasil praktek teman-teman dengan hasil yang tampak pada video tutorial akan nampak jauh berbeda. Selain itu, teknik yang digunakan juga sangat mungkin berbeda dari setiap jenis cat lukis tersebut.

Semakin penasaran tentang jenis-jenis cat lukis yang wajib diketahui pemula? Yuk kita bahas tuntas beragam jenis cat lukis yang ada!

Jenis-Jenis Cat Lukis Yang Wajib Diketahui Pemula Sebelum Mulai Melukis

1. Cat Air (Watercolor)


Jenis-Jenis Cat Lukis Yang Wajib Diketahui Pemula
cat air atau watercolor



Jenis-jenis cat lukis yang wajib diketahui pemula yang akan kita bahas adalahcat yang paling sering digunakan yakni watercolor. Sesuai dengan namanya, jenis cat ini harus menggunakan air agar dapat digunakan untuk melukis hal yang kamu inginkan. Penggabungan cat air ini bisa digunakan dengan mencampurkan cat dan air terlebih dahulu, membasahi kuas maupun membasahi media kertas watercolor yang hendak dilukiskan. Menurut saya, cat jenis ini merupakan cat yang paling sering digunakan mulai dari pelukis pemula hingga ke tingkat profesional.


2. Cat Akrilik


Rekomendasi cat untuk pemula
Rekomendasi cat untuk pemula



Cat akrilik juga sangat populer untuk digunakan. Berbeda dengan cat air (watercolor) yang memerlukan air agar bisa digunakan untuk melukis, cat akrilik bisa langsung kita lukiskan ke kertas tanpa perlu dicampurkan dengan air. Banyak juga orang-orang yang berkreasi untuk menggunakan cat akrilik di atas media kain seperti baju dan celana dan media berserat lainnya.

3. Cat Minyak


Jenis-Jenis Cat Lukis Yang Wajib Diketahui Pemula
Jenis cat minyak untuk pemula



Jenis-jenis cat lukis yang wajib diketahui pemula yang ketiga adalah cat minyak. Berbeda dengan cat air (watercolor) yang memiliki hasil halus dan seakan memiliki warna soft atau lebih pudar, cat minyak mempunyai warna yang cukup terang serta memiliki material yang lebih padat. Cat minyak ini sayangnya membutuhkan waktu yang cukup lama untukmegering dibandingkan dengan jenis cat air akrilik.


4. Cat Poster

Jenis-Jenis Cat Lukis Yang Wajib Diketahui Pemula
salah satu merk cat poster dong-A



Cat poster merupakan salah satu jenis cat favorit dari admin Blografise. Kenapa? Warna dari cat poster ini sangat pekat dan yang kamu bisa menggunakan cat poster untuk mewarnai di atas kertas dan juga untuk benda berserat lainnya. Saya sendiri sering berkreasi menggunakan cat poster untuk menggambar di kanvas, sepatu, totebag, bahkan diatas styrofoam. Berbeda dengan cat lukis jenis watercolor yang memiliki warna yang lebih ringan dibandingkan cat poster, banyak juga seniman yang lebih memilih menggunakan cat ini untuk membuat karyanya.


Cat poster biasanya memiliki wadah dengan bahan kaca seperti berada dalam mini toples sehingga mencegah cat ini mengering saat tidak kamu gunakan pada jangka waktu yang lama

5. Cat Tesktil

Sesuai dengan namanya, cat tekstil diperuntukkan agar kamu bisa menggambar di berbagai media tekstil atau kain yang lebih bagus digunakan dibandingkan cat akrilik. Walaupun jenis-jenis cat lukis yang wajib diketahui pemula ini beragam fungsi, tentunya setiap orang memiliki selera yang berbeda dalam menentukan jenis cat untuk menggambar diatas media tekstil, namun kamu bisa menilai sendiri karena cat ini dibuat memang khusus untuk media kain. Untuk hasilnya sendiri, cat tekstil memiliki hasil pewarnaan yang tidak se kaku penggunaan cat akrilik.



Post a Comment

Silahkan Berkomentar Di Bawah Ini

Lebih baru Lebih lama

Advertisement

Advertisement